Skip to main content

Inilah Rekomendasi Spesifikasi Pc Gaming 2018

Semakin canggih dunia gaming saat ini tentu memaksa penggunanya untuk upgrade pc menjadi high end. Seperti game pubg, fornite, roe, gta v, pes 2018 memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi, agar tidak lag saat dimainkan. Untuk budget yang dikeluarkan pada rekomendasi pc gaming kali ini, tidak terlalu mahal dan sangat pas di kantong. Merakit pc sendiri adalah cara untuk memangkas biaya pengeluaran saat membeli pc. Jangan pernah takut atau salah saat mencoba merakit pc, karena dari kesalahan itulah menjadi pengalaman yang akan membuat kamu menjadi bisa nantinya.

Untuk tutorialnya, saya tidak menjelaskan di artikel ini. Kamu bisa lihat di youtube atau google agar lebih paham.

Game modern saat ini memang memerlukan spesifikasi yang tinggi agar mendapati permainan yang smooth. Harga yang mahal menjadi alasan bagi sebagian orang bertahan terhadap pc lamanya, namun perlu kamu ketahui, budget 5 juta pun sekarang sudah bisa memainkan game seperti pubg, gta v, pes 2018, outlast 2, dan masih banyak lagi.

Hal yang paling terpenting dari pc untuk dapat memainkan game berat adalah vga card. Semakin tinggi vga card tersebut, maka potensi untuk lag sangat lah kecil. Jadi rekomendasi ini setup gaming kali ini dapat dinikamati semua orang, karena menurut saya sudah sangat murah untuk ukuran pc gaming.

Pc Gaming Rakitan Murah

Spesifikasi Pc Gaming Murah 2018

Murah bukan berarti murahan ya, disini kami mencoba memangkas pengeluaran agar dapat mendapatkan setup gaming yang standart yang dapat memainkan game zaman now. Berikut ulasan dan rekomendasi spesifikasi yang wajib kamu beli.

1. Motherboard

Di tahun ini banyak sekali bermunculan motherboard berkualitas tapi murah, fungsi motherboard sendiri sangatlah penting bagi komputer. Saya sangat menyarankan untuk membeli yang sudah support DDR4. Harga dari motherboard ini beraneka ragam, kisaran 1-2 jutaan, tergantung selera sih sebenarnya.

Nah, berikut list motherboard yang saya rekomendasikan tipe intel dan amd


  • Asus Prime H310M-A (LGA1151, H310, DDR4, USB3.1, SATA3) 
  • Gigabyte GA-H110M-Gaming 3 (LGA1151, H110, DDR4)
  • Gigabyte H310M-DS2 (LGA1151, H310, DDR4, USB3.1, SATA3) 
  • MSI H110M Gaming (LGA1151, H110, DDR4)
  • ASRock H310M-HDV/M.2 (LGA1151, H310, DDR4, USB3.1, SATA3) 
  • Gigabyte GA-A320M-HD2 (AM4, AMD Promontory A320, DDR4, USB3.1, SATA3)
  • MSI A320M Gaming Pro (AM4, AMD Promontory A320, DDR4, USB3.1, SATA3)
  • Asus EX-A320M-Gaming (AM4, AMD Promontory A320, DDR4, USB 3.1, SATA3)

Nah, itulah beberapa motherboard yang sangat rekomendasikan. Harga dari beberapa list mobo ini tidaklah sampai 1,5 juta. Tapi ingat, ini adalah harga di jakarta, jika kamu berasal dari daerah yang cukup jauh, kemungkinan harga sedikit mahal. Saya sarankan untuk membeli online agar harganya tidak begitu mahal.

2. CPU

Cpu adalah singkatan dari Central Processing Unit/Processor, fungsinya tidak kalah penting. Sebab tanpa danya cpu, maka komputer tak akan bisa jalan. Amd or Intel? saya lebih suka intel jika didukung dengan vga yang bagus. Tetapi kebanyakan orang lebih suka amd karena murah dan sudah berbasis APU. 

Berikut list cpu yang cocok untuk kamu pencinta game, 

  • Intel Pentium Gold G5400 3.7Ghz - Cache 4MB [Box] Socket LGA 1151 - Coffeelake Series
  • Intel Core i3-8100 3.6Ghz - Cache 6MB [Box] Socket LGA 1151 - Coffeelake Series 
  • Intel Core i3-7100 3.9Ghz - Cache 3MB [Tray] Socket LGA 1151 - Skylake Series
  • AMD Ryzen 3 1200 3.1Ghz Up To 3.4Ghz Cache 8MB 65W AM4 [Box] - 4 Core - YD1200BBAEBOX - With AMD Wraith Stealth 65W Cooler
  • AMD Ryzen 3 Raven Ridge 2200G 3.5Ghz Up To 3.7Ghz Cache 4MB 65W AM4 [Box] - 4 Core - YD2200C5FBBOX - With AMD Wraith Stealth 65W Cooler - recomended for amd

spesifikasi cpu diatas sangat mumpuni untuk bermain game online yang marak sekarang ini. Untuk amd atau intel itu tergantung selera saja sebenarnya. Ingat ya, jika kamu beli motherboard intel, wajib socketnya sama dengan cpunya, jadi jangan tertukar ketika membeli.

3. RAM

Ram adalah Random Access Memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Semakin tinggi kapasitas ram tersebut tentu sangat baik untuk pc gaming agar dapat multitasking. Jadi ram penentu juga agar saat bermain game tanpa lag, namun jika kamu tidak suka melakukan multi tasking seperti membuka browser bersamaan ketika bermain game, ram 4 giga sebenarnya udah cukup.

Daftar ram yang saya rekomendasikan kepadamu,

  • Geil DDR4 SUPER LUCE LITE RGB LED PC19200 Single Channel 4GB (1x4GB)
  • Gskill DDR4 RipjawsV PC19200 4GB (1x4GB) Single Channel
  • Team Elite Plus Red DDR4 PC19200 2400Mhz 4GB 
  • Team Elite Plus Red DDR4 PC19200 2400Mhz 8GB
  • GALAX GAMER DDR4 PC19200 Single Channel 8GB (1X8GB) - RGB Effect
Tergantung kebutuhan, jika ingin memangkas biaya sebaiknya pilih yang 4 GB, karena ram hanya berfungsi sebagai penyimpanan memori sementara. 8GB bagus, cuma harganya kisaran 1jutaan, bagi kamu yang suka multitasking sebaiknya pilih yang 8GB.

4. Vga Card

Vga card atau kartu grafis adalah hal yang paling dibutuhkan untuk bermain game. Semakin tinggi vga maka dapat dipastikan mampu bermain game yang hd sekalipun. Harga dari vga pun beraneka ragam, ada yang murah dan ada yang mahal.

Nah, berikut vga card murah yang support game berat

  • GALAX GeForce GT 730 1GB DDR5 - recomended (murah)
  • PowerColor Radeon R7 250 2GB DDR5
  • Nvidia Geforce GTX 660
  • GALAX Geforce GTX 1050 2GB DDR5 OC (OVERCLOCK)
  • Zotac GeForce GT 1030 2GB DDR5

Jika kamu hanya punya budget sedikit belilah yang saya recomendasikan tersebut, harga dari vga diatas cukup murah, kisaran 700-2jutaan. Jika kamu hanya memiliki budget 5jutaan untuk merakit pc, sebaiknya beli yang murah saja.

5. Case

Casing yang bagus tapi murah sudah banyak beredar dipasaran. Casing sendiri berfungsi untuk menyatukan semua komponen agar di terlindung dari kecelakaan. Walaupun tidak terlalu penting, casing yang bagus akan membuat tampilan pc kamu semakin kece.

Adapun list pc yang saya sarankan untuk kamu,

  • CUBE GAMING LUXE - M ATX - Full Acrylic Window
  • CUBE GAMING DOOS SHINY BLACK - Slim Mini ITX Case - Micro ATX + PSU
  • CUBE GAMING BLIG   PSU 500W (Support ATX Size)
  • SEGOTEP RACING + PSU 500W - USB 3.0

Itulah beberapa list casing yang kece tapi murah, jika kamu tidak ingin yang ada bonus psunya kamu boleh mencari tipe lain. Harga casing diatas kisaran 300-500 ribu, kalau saya disuruh milih maka saya akan pilih cube gaming.

6. Hard Disk

Hard Disk sendiri adalah tempan penyimpanan data yang sangat dipelukan untuk suatu pc maupun laptop. Ciri-ciri hard disk yang rusak adalah ketika booting sudah mulai terasa sangat lama dan lain-lain. Maka saya sarankan belilah hardisk yang baru jika hendak merakit karena hdd ini sangat lah penting, jangan sampai menyesal apabila kamu membeli yang second. List hardisk murah tahun 2018 yang cocok untuk menyimpan game adalah sebagai berikut.

  • WDC 500GB SATA3 - Blue 
  • WDC 1TB SATA3 64MB - Blue
  • Toshiba 1TB SATA3 7200RPM
  • Seagate 1TB SATA3 - BarraCuda Series
Masih banyak sebenarnya yang murah, tapi menurut pengalaman saya list diataslah yang murah tapi awet. Harga dari beberapa hard disk diatas berkisar antara 300-700ribu. Jadi, untuk hard disk ini kamu bebas memilih yang mana saja, sesuai kebutuhan tentunya.

7. Aksesoris Setup Gaming

Aksesoris gaming ini tidak kalah penting, karena fungsinyapun beraneka ragam. Karena saat bermain game tentu kita memerlukan keyboard, mouse dan headset yang bagus agar performance bermain makin kece.

Adapun beberapa aksesoris setup pc gaming yang lumayan murah tapi hasilnya bagus, diantarnya sebagai berikut.

A. Keyboard Dan Mouse
  • Keyboard Gaming NYK K02 K-02 
  • Keyboard Gaming Rexus K9
  • Mouse Gaming REXUS G7
B. Headset Dan Speaker
  • Headset Sades Sa-901 Usb Gaming 7.1
  • Headset Gaming Warwolf R4
  • Headset Armaggeddon Gaming Headset Atom1 RGB
  • Speaker Logitech Z120 Pc
  • Speaker Fleco F-016

Nah itulah beberapa list aksesoris setup gaming yang saya rekomendasikan untuk kamu beli, tampilan dari aksesoris tersebut rata-rata sudah rgb dan yang paling penting adalah murah. Memang tidak terlalu penting, namun tampilan aksesoris ini menambah nilai tersendiri bagi seorang gamers.

Jadi, bagaimana menurutkamu rekomendasi pc gaming murah kali ini, jika kalian cermat dalam memilih budget 5jutaan sudah dapat membeli pc rakitan yang apic. Nah, sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Jika kamu masih bingung, silakan bertanya pada koloem komentar yang telah disediakan, terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Fifa Online - Cara Mengganti Joystick 2 Menjadi Joystick 1 (Twin Usb)

Kebiasaan saya ketika bermain fifa online 3 garena adalah menggunakan joystick (twin/dual), karena keseringan controler 1 lama-lama menjadi rusak. Ada beberapa tombol yang tidak berfungsi, nah pada akhirnya saya mencari cara di google dan alhasil nihil. Tidak ada yang menjelaskan sama sekali tentang masalah yang saya alami. Mungkin jika sistem pengaturan Fifa online ini seperti PES, saya dapat mengubah dengan mudah. Namun meskipun begitu saya tidak nyerah dan lalu membeli joystick baru, karena pada dasarnya saya sangat suka bereksperiment. Setelah berkutat di depan layar monitor cukup lama, akhirnya saya menemukan solusi yang saya cari-cari. Dan bisa mengubah joystick 2 menjadi controrel defaultnya. Nah, pengalaman itu ingin saya bagikan disini, berhubung saya merasa sangat sedikitnya yang membahas detail tentang ini. Langkah-Langkah Mengubah Joystick 2 Menjadi Joystick 1 Tutorial seperti ternyata berlaku juga kepada game lainnya yang tidak ditemukan ubah controler di dalam g

Strategi : 7 Trik Jitu Bermain Stronghold Crusader 1, Dijamin Menang Terus

Para penyuka game strategi perang tentu tidak asing lagi dengan game legendaris ini, ya Stronghold Crusader 1 . Di dalam game ini diperlukan trik dan tips agar tidak kalah dalam permainan , diperlukan juga kecepatan dalam membangun pertahan agar tidak diserang lawan dan kalah. Strategi ini saya pake menghantarkan saya ke babak final dan tamat, semoga pembaca semua bisa menyelesaikan misi di game ini dengan strategi dan tips dari saya. Sebelum memulai permainan, saya sarankan jika kamu pemula lebih baik game speednya di turunkan dulu agar mudah dalam bermain tetapi jika kamu udah pro saya rasa speed standart sudah mumpuni. Pertama , ketika game dimulai buatlah stockpile kecil saja jangan terlalu luas, kemuadian buatlah granary untuk penyediaan makanan. Lalu buatlah market gunanya agar nanti jika ditahap awal kamu dalam membangun, kamu bisa membeli persediaan untuk kedepannya. Kedua , bangunlah 3 buah rumah dan taman, perlu diketahui taman ini sangat berguna untuk menambah lev

Build Item Uranus, Tank Yang Sangat Kuat Di Mobile Legends

Uranus baru saja dirilis di mobile legends, tank satu ini sangat kuat dan memiliki HP yang sangat tebal. Tentu, build item sangat mempengaruhi kekuatan uranus ini. Jadi, memilih gear yang penuh dengan pertahanan yang kuat adalah salah satu cara untuk melindungi rekan tim kamu. Berbeda dengan Hylos , uranus memiliki pasif yang cukup unik, yaitu menyerap energi dari attack lawan menjadi pertahanan yang kuat dan dapat regenerasi 2-9 HP per detik untuk setiap stack selama 8 detik. Dan efek di-stack ini dapat terjadi hingga 20 kali. Ini lah alasan uranus menjadi salah satu tanker terkuat saat ini. Memanfaatkan skills pasif yang dimilikinya dan memperpaduan item yang cocok dengannya, menjadikan uranus jadi sangat kuat. Namun, meski begitu kamu juga harus mewaspadai hero counter seperti akai dan hero stunt lainnya. Skills ke-dua dari hero uranus, juga sangat bagus apabila dicombo dengan baik. Dan memiliki ulti yang cukup memberikan damage terhadap musuh. Jadi, uranus sangat cocok menjadi